Modifikasi Akar

MODIFIKASI AKAR
pneumatofor
image source: google.com


Akar adalah organ multiseluler yang menambatkan tumbuhan vaskular ke dalam tanah, menyerap mineral dan air yang berguna untuk proses fotosintesis. Namun, beberapa akar tumbuhan mempunyai modifikasi akar dengan fungsi tertentu.

Beberapa modifikasi akar diantaranya sebagai berikut:
1. Akar  prop
akar jagung
image source: google.com

Akar gantung jagung merupakan akar prop. Akar ini mendukung tumbuhan yang tinggi dan berat di bagian atas. Akar adventisia ini muncul setelah akar asli mati, akhirnya akar ini akan menembus tanah.

2. Akar penyimpanan
buat bit
image source: google.com
wortel
image source: google.com
Beberapa tumbuhan menyimpan makanan pada akar. Misal buah bit, wortel, lobak, dll.

3. Akar gantung “pacekik”
akar biji ara
image source: google.com
Akar gantung pacekik berasal dari biji ara yang tumbuh di cabang pohon tinggi. Tumbuhan ini pun akan mengirimkan banyak akar gantung ke tanah. Akar melilit inang. Akhirnya pohon inang pun mati.

4. Pneumatofor / akar nafas
pneumatofor
image source: google.com
Dikenal juga dengan akar udara. Akar ini dimiliki oleh pohon bakau yang hidup di rawa-rawa. Dengan menonjolkan akarnya, pneumatofor memungkinkan mendapat oksigen yang tidak banyak ditemukan di lumpur, selain itu juga untuk menyerap air dari hujan yang mengenai akar.

5. Akar banir




Akar banir adalah akar yang sebagian permukaannya berada di atas tanah. fungsi dari akar banir adalah menyokong batang sejumlah pohon tropis yang tinggi dan besar agar pohon tersebut berdiri kokoh.

Halo SAHABAT BIO, terimakasih sudah mengunjungi blogku. Semoga kalian selalu sehat dan semangat untuk eksplor berbagai pengetahuan tentang BIOLOGI. Mungkin kalian yang saat ini membaca tulisanku adalah pelajar yang sedang cari materi buat ngerjakan tugas, mahasiswa yang sedang cari materi presetasi, kalian yang sedang iseng selancar di google, kalian yang sedang belajar materi ini, atau kalian yang membaca karena keingintahuan. Pokoknya aku ucapkan terimakasih karena sudah mampir di blogku. Semoga bermanfaat! 

Jangan lupa share ya link ini 


Comments

Popular posts from this blog

Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Organel Sel Hewan dan Fungsinya