Organel Sel Hewan dan Fungsinya

Semua makhluk hidup disusun oleh sel. Sel adalah unit terkecil yang menjalankan roda kehidupan. Di dalamnya terdapat berbagai macam organel yang mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Juga terdapat molekul-molekul yang teregulasi dengan baik. Nah, kali ini kita akan membahas SEL HEWAN. Oke langsung saja kita rinci satu persatu isi dari sel hewan itu.


Organel sel hewan yaitu:
Nukleus
Nukleus adalah organ yang mengatur aktivitas sel. Berbentuk bulat. Biasanaya akan mudah terdeteksi ketikka diamati dibawah mikroskop karena ukurannya yang lebih besar dan warnanya lebih gelap dari pada organel yang lain. Nukleus dibagi menjadi tiga bagian:
  1. Selaput membran
  2. Kromatin
  3. Nukleolus


Selaput membran adalah bagian terluar nukleus. Di setiap permukaannya terdapat pori-pori. Pori-pori ini berfungsi sebagai tempat keluarnya RNA, ribosom, dan keluar masuk molekul. 
Kromatin adalah untai DNA yang berisi informasi genetik dari individu tersebut.  DNA berupa untai ganda yang tersusun atas 4 basa dan fosfat. Kromatin akan mengumpar ketika sel akan mengalami pembelahan. 
Nukleolus adalah bagian terdalan yang biasanya juga disebut anak inti. Nuklelolus ini mempunyai granule yang lebih gelap dibandingkan dari selaput membran dan kromatin. Nukleolus bertugas untuk memproduksi ribosom. Ribosom ini nantinya akan dikeluarkan ke sitosol dan akan berperan dalam sintesis protein.

Retikulum Endoplasma
Retikulum endoplasma (RE) adalah organel berbentuk kantung dan tabung yang berfungsi untuk sintesis protein. Letak RE selalu berada di sekeliling nukleus, hal ini karena RE akan memproses RNA yang dikeluarkan dari nukleus. RE dibagi menjadi dua, yaitu:
  1. RE kasar
  2. RE halus
RE kasar berbentuk kantung-kantung, yang disebut sisterna. Pada permukaan RE kasar menempel banyak ribosom. RE kasar berperan dalam produksi protein sekresi dan membentuk membran sel. Sedangkan RE halus berbentuk tubulus/tabung. Di permukaannya tidak terdapat ribosom. RE halus berfungsi sebagai sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, detoksifikasi racun dan obat.

Ribosom
Ribosom adalah organel yang berfungsi sebagai tempat sistesis protein. Berbentuk seperti buiran-butiran kecil, akan tetapi jika dilihat detail, ribosom terdiri dari 1 sub unit besar dan 1 sub unit kecil. Kedua unit akan saling mengatup, mengapit mRNA yang akan diproses. letak ribosom dibedakan menjadi 2 yaitu di permukaan RE, yang disebut ribososm terikat, dan bergerak bebas di sitosol, yang disebut ribosom bebas.

Aparatus Golgi
Aparatus golgi adalah organel yang berfungsi sebagai tempat penyusunan, pematangan, dan  packaging protein yang sebelum didistribusikan ke bagian tubuh tertentu. Aparatus golgi berbentuk kantung-kantung yang disebut sisterna. Mempunyai 2 sisi, yaitu sisi Cis dan sisi Trans. Sisi Cis bertugas untuk memerima vesikel yang datang, sedangkan sisi Trans bertugas untuk mengirimkan vesikel ke bagian tertentu. 

Vesikel yang datang berisi protein hasil sintesis protein. Vesikel akan diterima di sisi Cis, kemudian Aparatus golgi akan membentuk sisterna baru untuknya. Protein akan menjalani proses packaging dan pematangan. Hingga berakhir di sisi Trans dan protein dalam vesikel siap didistribusikan.


Mitokondria
Mitokondria adalah organel yang berperan penting dalam sel, yaitu proses respirasi. Dari proses respirasi ini akan dihasilkan energi berupa ATP melalui katabolisme gula dengan oksigen. Mitokondria terlapisi oleh dua membran, yaitu membran luar dan membran dalam, keduanya dibatasi oleh ruang antar membran. Pada membran dalam mitokondria mempunyai bentuk yang berlekuk-lekuk. Lekukan ini disebut krista. Mengapa membran ini berlekuk-lekuk? Karena untuk memperluas area respirasi. Dengan begitu, maka ATP yang dihasilkan akan semakin cepat dan banyak. Di bagian dalamnya terdapat matriks yang mengisi, ribosom, dan DNA. DNA pada mitokondria biasanya berbentuk sirkular. 



Peroksisom
Peroksisom bertugas dalam reaksi oksidasi di dalam sel dan memecah lemak. Ketika terdapat senyawa berbahaya di dalam sel, maka peroksisom akan mendetoksifikasi menjadi senyawa yang aman. Peroksisom juga dapat memecah lemak dengan oksigen. Lemak kemudian ditranfer ke mitokondria untuk menjadi bahan bakar respirasi.

Lisosom
Lisosom adalah organel yang hanya terdapat pada sel hewan, berfungsi untuk mencerna atau  daur ulang molekul yang rusak. Lisosom berupa kantung bermembran yang mempunyai enzim hidrolitik. Enzim inilah yang akan aktif dalam daur ulang. 

Pada gambar diatas, menunjukkan aktivitas dari lisosom. Pada bagian A, lisosom ditunjukkan pada titik-titik gelap. Lisosom ini berada di sel darah putih yang menunjukkan sedang menghancurkan bakteri. Pada bagian B adalah lisosom yang sedang mencerna makanan, yaitu pada protista. Bagian C dan D adalah lisosom yang sedang mendaur ulang mitokondria dan peroksisom yang sudah rusak. Molekul dari hasil cerna akan dimanfaatkkan kembali oleh sel.

Sentrosom

Sentrosom terdiri dari 2 sentriol yang tegak lurus. sentriol tersiri dari 9 set mikrotubulus. Setiap set mikrotubulus adal 3 mikrotubulus. Sentrosom sangat berperan dalam proses pembelahan sel yaitu dalam pembentukan benang gelendong untuk menarik kromoson. Fungsi lainnya adalah berperan dalam inisiasi sitokinesis, dan penentuan arah tumbuhnya akson saraf.



Sitoskeleton
Sitoskeleton di dalam sel berfungsi sebagaimana rangka pada manusia, tugasnya adalah menyokong dan mempertahankan bentuk sel. Sitoskeleton dibagi menjadi tiga yaitu:
  1. Mikrotubulus
  2. Mikrofilamen
  3. Filamen intermediet
Mikrotubulus berbentuk seperti pipa berongga, tersusun atas tubulin alfa dan beta. Berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel, motilitas organel, pergerakan sel, dan media pergerakan kromoson saat pembelahan sel.
Filamen intermediet mempunyai bentuk seperti 2 tali berpilih, tersusun atas actin subunit. Berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel, pergerakan sitoplasmik, dan penyibakan saat pembelahan sel.
Mikrofilamen berbentuk seperti kabel fiber, tersusun atas protein keratin. Berfungsi untuk tambatan organel-organel sel dan pembentukan lamina nukleus.

Membran sel
Membran sel adalah selaput yang menyelubungi sitoplasma sel. Membran ini tersusun atas fosfolipid ganda. Membran ini bersifat semi permebel, artinya hanya molekul tertentu yang dapat keluar masuk melalui protein intrinsik.


Mikrovili
Adalah ekstensi dari membran plasma yang berfungsi untuk memperluas permukaan. Beberapa bagian organ tubuh mempunyai mikrovili. Misalnya ginjal dan usus. Keduanya berperan dalam penyerapan zat sehingga membutuhkan mikrovili.


Flagel

Flagel adalah organel yang berfungsi untuk pergerakan sel. Letaknya menjulur keluar dari sel. Flagel tersusun atas mikrotubulus. Kemudian akan diselubungi oleh membran plasma. Ketika flagel ini aktif, maka sel akan bergerak. Contohnya pada sel sperma.

Halo SAHABAT BIO, terimakasih sudah mengunjungi blogku. Semoga kalian selalu sehat dan semangat untuk eksplor berbagai pengetahuan tentang BIOLOGI. Mungkin kalian yang saat ini membaca tulisanku adalah pelajar yang sedang cari materi buat ngerjakan tugas, mahasiswa yang sedang cari materi presetasi, kalian yang sedang iseng selancar di google, kalian yang sedang belajar materi ini, atau kalian yang membaca karena keingintahuan. Pokoknya aku ucapkan terimakasih karena sudah mampir di blogku. Semoga bermanfaat! 

Jangan lupa share ya link ini 


Comments

  1. Setelah membaca tulisanku, apakah sudah paham mengenai sel hewan? Semoga tulisanku memberi pengetahuan. :)
    After read my writing, do you understand about animal cell? Hopefully, it gives a knowledge. :)

    ReplyDelete
  2. Kak mau nanya, kalo komponen"sel hewan apa aja kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, terimakasih sudah menanggapi artikel ini. Komponen yang dimaksud seperti apa ya? Apakah organelnya? Ataukah makromolekulnya? Terimakasih. :)

      Delete
    2. Setiap 1 sel hewan akan terdiri dari organel-organel (seperti yang sudah saya tulis di artikel ini), makromolekul (lipid, gula, protein), serta ada unsur-unsur seperti Ca, K, Na dll.

      Delete
  3. kak, boleh minta file buat gambarnya egk? kl download dr sini engga HD, mau kuprint soalnya:(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Perbedaan Mitosis dan Meiosis